Ekstraktor Madu Untuk Sarang Lebah

Ekstraktor madu adalah alat mekanis yang digunakan untuk ekstraksi madu selama panen madu. Keuntungan utama ekstraktor madu adalah ekstraksi madu tanpa merusak sisir madu.

Ekstraktor madu bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Bingkai dengan madu berputar di drum ekstraktor sehingga madu keluar. Setelah ekstraksi madu, sisir madu tetap utuh di ruang ekstraksi dan karenanya dapat digunakan lebih lanjut di sarang lebah.

Sebelum menggunakan bingkai madu di dalam ruang ekstraksi untuk ekstraksi, bingkai ini harus dibuka tutupnya untuk penyimpanan madu. Ada sejumlah alat yang disediakan oleh perlengkapan peternakan lebah untuk tujuan ini. Pisau pembuka tutup, garpu pembuka tutup, atau peralatan membuka tutup yang digerakkan listrik adalah beberapa di antaranya. Sementara ekstraksi mengeluarkan dari sel yang tidak tertutup karena gaya sentrifugal, mengalir ke bawah melalui dinding dan akhirnya menggenang di bagian bawah ruang ekstraksi, yang dapat disadap untuk diproses lebih lanjut. Pompa madu juga digunakan untuk mengeluarkan madu dari ruang ekstraksi.

Jenis ekstraktor termasuk ekstraktor tangensial dan radial tergantung pada bagaimana bingkai dimasukkan ke dalam keranjang ekstraktor. Bagian atas bingkai menghadap ke luar pada ekstraktor madu radial sedangkan pada yang bersinggungan satu sisi bingkai lebah madu menghadap ke luar. Jenis radial digunakan dalam ekstraktor madu komersial.

Jumlah kerja yang diterapkan pada yang radial lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang tangensial karena mereka tidak perlu membalikkan sisir madu untuk mengekstraksi madu dari sisi lain. Ekstraktor memiliki ukuran berbeda. Untuk penggunaan komersial, ekstraktor dapat menampung lebih dari seratus bingkai pada waktu di mana ekstraktor madu kecil biasanya menampung dua bingkai.

Anda juga dapat membuat ekstraktor madu Anda sendiri dengan beberapa ide hebat tersedia di internet. Dari semua metode konversi mesin cuci antik menjadi ekstraktor madu adalah salah satu yang cukup menarik. Jika ekstraktor tidak terjangkau, Anda dapat memilih salah satu ide konstruksi ekstraktor sederhana ini. Banyak di antaranya ekonomis dan Anda juga dapat menggunakan beberapa barang antik yang tersedia di rumah.

Beberapa alternatif yang digunakan selain ekstraksi di beberapa kabupaten hanyalah memotong sisir madu dan menggunakannya sebagai madu potong sisir. Sedangkan di beberapa negara mereka mengeluarkan sisir madu dari bingkai dan memerasnya untuk diambil madu.

Berbagai ekstraktor dengan ukuran dan dimensi berbeda tersedia dengan persediaan lebah. Media yang digunakan secara komersial biasanya menggunakan 30 atau 60 frame sekaligus di sebuah pertanian kecil. Biasanya ekstraktor madu memiliki biaya yang masuk akal. Ini menjadi lebih mahal ketika biaya pengiriman ditambahkan ke dalamnya. Bagi produsen skala kecil kebanyakan dari mereka menganggap tidak layak untuk menginvestasikan sejumlah besar dana untuk ekstraktor. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keterampilan teknis dan pertukangan, gunakan itu untuk membangun ekstraktor Anda sendiri.

Secara meyakinkan, seperti lebah menjaga sarang mereka terlindungi dari semut dan orang asing lainnya. Lebih baik membersihkan atau menyimpan ekstraktor madu Anda di tempat yang aman karena Anda dapat meningkatkan umurnya untuk beberapa tahun ke depan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *