Festival Film Bisa Sangat Baik Untuk Pembuat Film Independen

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang bersekolah di sekolah film dan masih tidak mengerti mengapa mereka tidak mengajari Anda cara mendapatkan pekerjaan di industri film, maka saya sarankan Anda berhenti mengeluh, kumpulkan semua produksi film yang kreatif dan bekerja keras orang yang Anda kenal, buatlah sendiri film independen dan ikuti di beberapa festival film. Jika Anda memenangkan penghargaan di festival film terkemuka, hidup Anda mungkin berubah secara dramatis menjadi lebih baik. Bahkan penghargaan kecil di festival film kecil kemungkinan besar akan membuat Anda berada di jalur yang tepat untuk berkarier di industri film.

Kebanyakan orang bersekolah di sekolah film dengan impian besar untuk bekerja dan bahkan mungkin membuat nama untuk diri mereka sendiri. Mereka memiliki visi wawancara karpet merah, pidato penerimaan Academy Awards, dan bintang di Hollywood Walk of Fame. Namun, kebanyakan dari mereka tidak akan pernah melihat mimpi-mimpi itu membuahkan hasil dan mereka akan menghadapi frustrasi dan kekecewaan tanpa akhir.

Setelah lulus dari sekolah film, kebanyakan orang diharapkan untuk masuk ke bisnis yang dianggap salah satu yang paling sulit di dunia untuk mendapatkan pekerjaan, kecuali jika Anda memiliki koneksi, tentunya. Untuk mereka yang tidak memiliki koneksi, juraganfilm ini bisa sangat membuat frustasi. Sayangnya bagi mereka, industri film Hollywood dijalankan oleh komunitas yang erat yang mempraktikkan nepotisme dan jarang membuka pintu bagi pendatang baru.

Jika Anda ingin masuk ke Hollywood tetapi nama belakang Anda bukan Barrymore, Begley, Cyrus atau Sheen dan satu-satunya koneksi yang Anda miliki adalah sepupu yang mengelola bioskop lokal Anda, maka peluang terbaik Anda untuk sukses adalah membuat film independen dan masuk itu di festival film. Jika Anda masuk dalam tiga besar kategori yang Anda masukkan, biasanya Anda akan diminta untuk mengirimkan cetakan film dari film Anda ke festival film agar dapat diputar ke penonton yang menghadiri acara tersebut.

Penonton festival film adalah kombinasi dari kritikus film, reporter media, perwakilan distribusi film, penggemar film, selebriti, dan penduduk lokal. Inilah orang-orang yang dapat membuat buzz tentang film setelah mereka melihatnya. Ketika sebuah desas-desus dibuat tentang sebuah film di festival film, biasanya hal itu dimulai di lobi teater dan kemudian berlanjut ke media di mana ia dapat menjalani kehidupannya sendiri. Jika ini terjadi pada sebuah film, ia ditakdirkan untuk berhasil, dan orang yang membuat film itu menjadi loncatan karier di industri film. Tanyakan saja kepada Robert Rodriguez atau Quentin Tarantino tentang nilai festival film dan mereka akan memberi tahu Anda.

Memenangkan penghargaan tertinggi di festival film mana pun adalah hal yang baik bagi pembuat film independen mana pun. Dengan penghargaan datang publisitas, dan publisitas adalah darah kehidupan bagi pembuat film dan karir mereka.

Perusahaan distribusi film mengirim orang ke festival film untuk membeli produk dan mereka selalu mengikuti publisitas untuk menemukan produk mereka. Banyak pembelian yang mereka lakukan adalah film kecil yang dibuat oleh orang-orang dengan anggaran yang sangat kecil. Seorang pembuat film independen dapat memperoleh keuntungan besar dari salah satu kesepakatan distribusi ini dan pada saat yang sama menjadikan dirinya bankable. Jika mereka dapat menjual film mereka ke perusahaan distribusi, ada kemungkinan besar mereka akan dapat membuat lebih banyak film dengan anggaran yang lebih besar menggunakan uang dari investor, daripada uang hasil jerih payah mereka sendiri.

Sangat penting bagi Anda untuk memilih festival film yang tepat untuk memasukkan film independen Anda jika Anda ingin meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan penghargaan. Tentu akan menyenangkan memenangkan penghargaan besar di acara seperti Festival Film Cannes, Festival Film Internasional Toronto atau Festival Film Sundance. Tetapi Anda harus realistis dan mengatur situs Anda pada kontes yang bersahabat dengan pembuat film independen kecil dan film independen mereka. Festival Film Internasional Houston Worldfest dan Festival Film Austin adalah dua contoh jenis kontes yang ramah bagi pembuat film independen yang bekerja dengan anggaran kecil. Ada ratusan lainnya di luar sana dan mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Festival Film Cannes, Festival Film Internasional Toronto dan Festival Film Sundance adalah festival film terbesar dan paling banyak dipublikasikan di dunia. Sayangnya, mereka juga yang paling sulit untuk film kecil diterima karena standar dan politik yang tinggi yang mereka gunakan.

Sebagian besar film yang memenangkan penghargaan dan diputar di kontes Tiga Besar dibuat oleh divisi produksi film independen dari studio film Enam Besar seperti Warner Bros dan Disney. Secara definisi, mereka masih dianggap film independen jika tidak lebih dari 50 persen dananya berasal dari studio besar. Tapi lima puluh persen itu biasanya jutaan dolar, dan ini menempatkan nilai produksi di liga yang sama sekali berbeda dari film-film yang dibuat oleh pembuat film kecil-kecilan dengan anggaran yang sangat kecil. Juga, sebagian besar film festival anggaran besar ini memiliki bintang Hollywood besar yang melekat padanya yang membuat mereka tak tertahankan oleh juri dan manajemen kontes.

Festival film Tiga Besar telah diserbu oleh studio produksi film Enam Besar dengan film anggaran besar yang menyamar sebagai film independen. Hal ini mempersulit film yang direkam dengan kamera digital dengan anggaran yang sedikit untuk bersaing di Cannes, Toronto, dan Sundance. Film jenis ini memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk memenangkan penghargaan di kontes seperti Worldfest Houston atau Austin Film Festival karena mereka lebih tertarik untuk menampilkan bakat film daripada melayani industri film Hollywood. Pilih festival film Anda dengan bijak dan Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan penghargaan dan mendapatkan kesepakatan distribusi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *